Seberapa Besar Peluang Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas?

Dunia bekerja saat ini membutuhkan banyak inovasi baru terkait kondisi para pekerja mereka, terutama dengan menitikberatkan kepada kriteria rekrutmen pegawai yang masih dianggap erdapat diskriminasi fisik dan mental dengan menggaris bawahi berpenampilan menarik serta sehat jasmani dan rohani kompasiana. Walau ada banyak yang bertanya, bukankah system rekrutmen seperti itu adalah wajar? Kenyataannya sama sekali tidak. Kebanyakan iklan lowongan pekerjaan, mencantumkan kriteria yang sangat disayangkan dan mengecewakan karena masih tidak ramah pada lingkungan penyandang disabilitas. Dengan adanya kriteria tersebut maka penyandang disabilitas masih mendapatkan diskriminasi mengenai keadaan fisik dan mental mereka dan ini yang harus diperbaiki mulai dari sekarang.

Dengan presentase sebanyak 1 persen, masih dianggap kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi para penyandang disabilitas, oleh karena itu adalah tugas bagi masyarakat untuk lebih memerhatikan kondisi sekitar mereka, apalagi banyak perusahaan yang tidak mengetahui peraturan seperti ini yang mana saat ini menurut Peraturan Undang-Undang No. 4 Tahun 1997 diberikan hak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sebagaimana pekerja lain di setiap perusahaan swasta mandiri maupun BUMN. Akses pekerjaan yang layak memang agak sulit ditemui bagi penyandang disabilitas sebab perusahaan swasta mandiri seringkali menganggap bahwa kondisi mereka tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang mana perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa melakukan banyak hal.

Pada kenyataannya, seorang pekerja difabel jauh lebih fokus dalam menjalankan pekerjaan mereka apalagi jika mereka sudah menggunakan kemampuan mereka. Untuk hal ini, bahkan ada lembaga khusus yang mengatur dan menyalurkan para pekerja disabilitas yang memiliki kemampuan serta kompetensi setara dengan pegawai biasa lainnya. Pekerjaan yang ditawarkan ini akan mendorong untuk berbagai perusahaan agar mempekerjakan dan memperluas kesempatan kerja bagi mereka yang menyandang disabilitas sepanjang hidupnya. Inilah yang merupakan sebuah perubahan dan inovasi yang dibutuhkan dalam system mencari kerja. Tidak hanya menyoal pada membuat draft untuk mendorong Pemerintah tetapi menampung kriteria pekerja disabilitas dan menyalurkan mereka untuk mendapatkan kehidupan serta pekerjaan yang layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *